Recent Trend

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

RODA.OR.ID - Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) merupakan ujung tombak pelayanan informasi Badan Publik. Mereka mengelola dan memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat.

Dalam UU No. 14 Tahun 2008, terdapat 12 pasal yang mengatur mengenai mandat yang diemban PPID, yakni pasal 1 ayat 9, pasal 7, pasal 9, pasal 10, pasal 11, pasal 12, pasal13, pasal 14, pasal 15, pasal 16, pasal 19, dan pasal 22. 

Pasal-pasal itu menjelaskan apa saja yang harus disiapkan, dilakukan dan dilaporkan oleh PPID Badan Publik. Selain itu, dalam bekerja PPID juga harus merujuk pada Peraturan Komisi Informasi (PERKI) No. 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik.

  • PPID Utama dan PPID Pembantu. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) adalah adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi di Badan Publik. Dalam struktur organisasi yang gemuk, biasanya dikenal PPID Utama dan PPID Pembantu. PPID dibentuk di setiap SKPD.
  • Atasan PPID atau Pimpinan Badan Publik. Atasan PPID adalah pejabat yang merupakan atasan langsung pejabat yang bersangkutan. Biasanya Atasan PPID adalah juga pimpinan Badan Publik.
  • Kelompok pendukung. Dalam menyelenggarakan hak dan kewajiban pengelolaan dan pelayanan informasi, Badan Publik membutuhkan tenagatenaga profesional. Mereka adalah pegawai yang fungsi dan tugasnya secara langsung berhubungan dengan pengelolaan informasi. Termasuk ke dalam kelompok pendukung ini adalah arsiparis, pustakawan, kepala dan staf biro / bagian hukum, pimpinan dan staf biro / bagian organisasi dan ketatalaksanaan,tenaga teknologi informasi.(min)